Kamis, 28 Februari 2013

Mengatasi Kebiasaan Mencontek



Kebiasaan yang muncul pada anak yang suka mencontek biasanya didapat anak dari lingkungannya.  Dalam hal ini anak mulai melakukan perbuatan tidak jujur, karena mencontek adalah mencuri informasi dengan cara yang tidak terpuji. Jika perilaku atau perbuatan mencontek pada anak muncul dengan frekuensi yang terus menerus maka orangtua diharapkan dapat memberikan perhatian yang lebih pada anak agar kegiatan atau perilaku mencontek tidak menjadi suatu kebiasaan yang menetap pada anak.

Orangtua atau pendidik pastinya sangat tidak menginginkan anaknya menjadi anak yang tumbuh tanpa kepercayaan diri, dalam hal belajar atau pendidikan anak menjadi malas dan mengalami kelambanan dalam belajar, daya nalar dan kekuatan mengingat cenderung rendah. Yang jelas perbuatan mencontek sangat merugikan diri anak sendiri dan orang lain pada akhirnya. Untuk itu selaku orangtua, pendidik dan pemerhati anak harus menolong anak kita.

Adapun beberapa cara mengatasi kebiasaan mencontek yaitu:

1.      Selaku orangtua bersikap tenang, jika anak mengakui perbuatan curang(mencontek) yang dilakukan karena kemauannya sendiri.

2.     Sebagai bentuk kepedulian orangtua tanyakan mengapa anak mencontek, jawaban anak Anda menjadikan Anda dapat bersikap dan bertindak, selalu selidiki perkembangan pola belajar anak sebagai usaha pencegahan. 

3.    Tolonglah anak Anda untuk menemukan jalan keluarnya dan memberikan motivasi, jika anak Anda merasa tidak siap untuk menghadapi tes dan merasa takut gagal.

4.    Memberi bantuan dan bimbingan pada anak Anda dalam belajar di rumah sebagai sarana komunikasi pemberian nasehat.
    
5.  Orangtua memberikan penjelasan tentang keburukan mencontek.

6.    Katakan juga kepada  anak Anda bahwa sebuah nilai kecil dapat diterima jika hasil dari usaha terbaik dan mengerjakannya dengan kejujuran (usaha sendiri tanpa mencontek)

7.    Jika menurut Anda kemampuan anak Anda dibawah standar, maka carilah bimbingan belajar lain terlepas dari bimbingan yang Anda berikan sendiri.

8.    Jika anak Anda ketahuan mencontek, tindakan Anda adalah tidak menghukum atau mengejek anak Anda namu berlah kesempatan Anak Anda untuk bertanggungjawab.

9.   Orangtua atau pendidik sebaiknya selalu memperhatikan atau memberi contoh perbuatan yang baik, bisa juga dengan mengatakan bahwa “Anda tidak meniru pekerjaan orang lain”

Artikel Terkait

Mengatasi Kebiasaan Mencontek
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email