promo terbaru



Selama lima tahun pertama kehidupan seorang anak, mereka belajar untuk berbicara dan mempelajari logat bicara yang akan mereka gunakan seumur hidup mereka. Anda dapat membantu anak Anda untuk berbicara dengan mengikuti tips-tips sederhana.
Komunikasi dan bahasa untuk bayi dimulai saat lahir. Mereka menangis untuk mengungkapkan kebutuhan mereka. Beberapa bulan kemudian mereka akan bicara bahasa bayi yang terdengar seperti “ba”. Selanjutnya muncul kemampuan mereka untuk mengatakan satu atau dua kata. Anak-anak secara alami belajar berbicara dengan mendengarkan dan meniru orang lain sehingga sangat penting untuk menjadi contoh yang baik. Sebagai bayi yang dalam proses tumbuh menjadi balita dan mulai menggunakan kata-kata maka Anda harus berhenti bicara dengan bahasa bayi dan tidak mengunakan nada bicara yang tinggi. Ada juga tidak perlu berbicara perlahan selama percakapan normal. Balita yang akan belajar dari Anda cara tepat menempatkan kalimat dan bagaimana mengucapkan kata-kata dengan benar.
Ingatlah untuk tidak mengkritik mereka jika seorang anak mengucapkan kata yang salah. Sebaliknya, ulangi kalimat dengan benar. Misalnya, jika anak Anda mengatakan, " e bis" Anda bisa mengatakan, "Ya, kue Anda sudah habis." Anda juga dapat melatih kemampuan bicara pada anak Anda dengan memperluas kalimat mereka. Coba ulangi apa yang anak Anda katakan dan menambahkan kata. Misalnya, jika anak Anda mengatakan, "cukup kucing," Anda dapat mengatakan, "Ini adalah kucing cantik dan dia bagus juga." Selain itu, ingatlah untuk benar-benar mendengarkan balita Anda. Lihatlah mereka dan benar-benar fokus pada apa yang mereka katakan. Tersenyum dan mendorong mereka untuk berbicara lebih dengan mengajukan pertanyaan yang akan memperluas kemapuan bicara mereka.
Mengajar anak Anda untuk berbicara dapat menyenangkan dengan melakukan beberapa kegiatan sederhana bersama mereka untuk mendorong mereka berbicara. Cobalah merekam suara mereka dan kemudian diputar kembali kepada mereka. Nikmati reaksi mereka ketika mereka mendengar sendiri dan mendorong mereka untuk mengatakan hal-hal yang berbeda dalam rangka untuk merekam suara mereka lagi. Anda dapat juga merekam mereka melalui video dan memungkinkan mereka untuk menonton dirinya di televisi.
Bicara juga dapat didorong melalui kegiatan sehari-hari, misalnya ketika berada di toko dan memilih susu, Anda dapat memberitahu mereka bahwa susu berasal dari sapi dan bertanya kepada mereka bagaimana suara sapi. Dorong mereka untuk mengulangi kalimat itu, "bunyi suara sapi, moo."
Ingatlah bahwa setiap anak mengembangkan bahasa dengan langkah mereka sendiri. Jangan membandingkan anak-anak untuk mencoba mencari tahu apakah mereka sudah berada di jalur yang sesuai dengan kemampuan bicara mereka. Selain itu, logat bicara setiap anak adalah unik. Dengan mendorong anak Anda untuk berbicara dan menunjukkan minat pada apa yang mereka katakan, Anda segera akan melihat bahwa anak Anda ingin berbicara lebih banyak dan lebih lagi.