Selasa, 11 Desember 2012

Pentingnya Mendongeng Untuk Anak

Menceritakan dongeng dapat menjadi hal yang menarik untuk anak-anak. Dalam hal ini, akan banyak manfaat dari membaca cerita-cerita untuk anak-anak Anda. Mungkin, Anda masih tidak mengerti tentang alasan mengapa Anda harus melakukannya dan bagaimana hal itu akan membawa dampak yang signifikan kepada anak-anak Anda. Jangan khawatir karena penjelasan berikut ini akan memberitahu Anda betapa pentingnya mendongeng pada anak-anak Anda. Sebenarnya, memperkenalkan dongeng kepada anak-anak Anda bukanlah tugas yang rumit yang harus dilakukan setiap saat.

Anda dapat memberitahu kepada mereka secara lisan atau membaca buku-buku cerita untuk mereka. Selama menceritakan kisah Anda, mereka dapat meningkatkan imajinasi mereka dan mungkin menebak apa yang akan terjadi selanjutnya. Selain itu, mereka akan belajar lebih banyak tentang bagaimana mengatakan sesuatu kepada orang lain di sekitar mereka. Mereka juga akan belajar tentang bagaimana untuk memulai sebuah cerita, bagaimana mengungkapkan perasaan mereka dan sebagainya. Dan kemudian, dongeng dapat membuat mereka belajar banyak tentang moralitas dan mulai membangun sikap. Anda dapat memberitahu mereka tentang hal-hal sederhana yang tercermin dalam cerita itu, termasuk tentang perilaku baik dan buruk, efek jika mereka melakukan perilaku tersebut dalam kehidupan sehari-hari mereka dengan teman-teman mereka dan seterusnya.

Jelas, itu adalah pendidikan dan akan sangat inspiratif bagi mereka. Mengapa Anda memilih dongeng bukan cerita biasa? Anda tahu bahwa pilihan pertama akan memberi mereka pengalaman yang menyenangkan. Mungkin, mereka akan menemukan istilah seperti sapu ajaib, raja dan ratu, penyihir, dan sebagainya. Namun, berbicara tentang sesuatu yang tidak mereka menemukan di kehidupan sehari-hari akan membawa sesuatu yang baru bagi mereka. Hal ini menghibur dan menarik sama sekali. Juga, penting untuk memperhatikan intonasi dan meniru.

Pastikan bahwa Anda memberitahu mereka seperti Anda adalah pendongeng terkenal dengan ekspresi terbaik Anda. Kemudian Anda akan melihat wajah anak-anak yang ingin tahu lebih banyak tentang cerita Anda. Manfaat terakhir adalah bahwa Anda bisa lebih dekat dengan anak-anak Anda dan memahami apa yang ingin mereka lakukan dan miliki.

Artikel Terkait

Pentingnya Mendongeng Untuk Anak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email