Senin, 02 November 2015

Olahraga Untuk Perkembangan Otak Anak


Tenyata olahraga tidak hanya menyehatkan tubuh bagi si anak saja. Sebuah studi yang dilakukan oleh American College of Sports Medicine menyimpulkan bahwa anak-anak yang banyak melakukan aktivitas fisik mempunyai prestasi akademik yang lebih baik di sekolah.

Hasil penelitian menunjukkan anak-anak yang berpartisipasi dalam olahraga seperti sepakbola, basket, dan softball mempunyai kemampuan berkonsentrasi yang lebih baik serta lebih kecil kecenderungannya mempunyai masalah perilaku.

Aktivitas fisik membuat tubuh mengeluarkan sejenis protein yang disebut IGF-1 yang membantu menstimulasi sel-sel otak untuk terus bercabang dan menyambung. Proses ini berarti kemampuan dan ketrampilan baru telah dipelajari oleh otak dan disimpan untuk penggunaan di masa depan.

Berikut beberapa manfaat penting olahraga bagi perkembangan anak

1. Kemampuan kognitif anak meningkat pesat
Sebuah survei terbaru menyatakan bahwa anak-anak yang aktif mampu mengembangkan keterampilan kognitif mereka lebih cepat. Mereka mempunyai daya fokus yang lebih baik dan menggunakan otak mereka dengan cara yang lebih baik dibandingkan dengan anak yang tidak aktif.

2. Keterampilan sosial anak akan terasah
Keterampilan sosial memang seharusnya dikembangkan kepada anak sejak dini. Dengan membiarkan buah hati anda terlibat dalam kegiatan olahraga, ia akan berinteraksi dengan anak-anak lain selama kegiatan. Hal ini akan membantu dalam pengembangan keterampilan sosialnya.

3. Anak anda akan belajar keterampilan kerja tim
Olahraga sudah terbukti sebagai kegiatan yang mengajarkan arti sportivitas dan kerja tim. Dengan terlibat dalam kegiatan olahraga, anak anda akan belajar bagaimana memberikan kontribusi untuk kemenangan tim. Keterampilan inilah yang akan membantu dia ketika mereka tumbuh dewasa dan masuk ke dunia kerja.

4. Otak anak semakin berkembang
Otak atau organ fisik lainnya akan mengalami perkembangan ketika dibarengi aktivitas fisik. Semakin sering anak mengikuti kegiatan fisik, maka semakin bagus pula untuk perkembangan otaknya. Dengan otak yang aktif dan sehat, buah hati anda akan menerima informasi baru dengan efisien.

5. Olahraga baik untuk pembentukan fisik anak
Tak usah diragukan lagi bahwa olahraga dan kegiatan fisik lainnya bermanfaat untuk pertumbuhan otot anak anda. Agar kesehatan tulang dan perkembangan otot buah hati anda baik, motivasi anak untuk rajin berolahraga.
 

Artikel Terkait

Olahraga Untuk Perkembangan Otak Anak
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email