Sabtu, 18 Mei 2013

Cara Merawat Bayi Baru Lahir


Merawat bayi yang baru lahir tidaklah mudah. Bayi membutuhkan perawatan yang tepat dan nutrisi untuk menghindari sakit dan tetap sehat setiap saat. Pertama kali ibu pasti perlu mempelajari teknik-teknik yang tepat tentang bagaimana cara merawat bayi mereka.

Untuk membantu orang tua terutama ibu dalam merawat bayi, berikut adalah beberapa tips perawatan umum bayi yang harus Anda ketahui dan ikuti untuk menjaga bayi Anda sehat dan aman.

1. Mengetahui kebutuhan gizi bayi Anda
Bayi berbeda dalam kebutuhan gizi mereka berdasarkan usia mereka. Bayi yang baru lahir harus disusui untuk mendapatkan nutrisi yang tepat dan dilindungi dari penyakit melalui antibodi dari ASI.


2. Berikan bayi Anda pakaian yang tepat
Tanyakan ibu Anda atau dokter anak Anda tentang apa pakaian yang harus dikenakan oleh bayi Anda pada siang hari dan pada malam hari. Periksa kulit bayi Anda dan melihat apakah anak Anda alergi terhadap setiap pakaian tertentu atau kain.


3. Pelajari cara yang tepat dan waktu yang tepat untuk mengganti popok
Anda harus sangat hati-hati ketika mengganti popok bayi Anda. Pastikan untuk tidak menarik kakinya dan bergerak lambat dari sisi ke sisi saat mengganti popok. Periksa dari waktu ke waktu apakah popok kotor atau perlu diubah.


4. Tepat memandikan bayi
Selama cuaca dingin, yang terbaik adalah untuk menambahkan air panas ke bak mandi tapi pastikan untuk mencampurnya dengan baik. Siapkan handuk dan selimut untuk menutupi bayi Anda segera setelah selesai mandi. Gunakan sabun cair yg direkomendasikan dokter dengan hypoallergenic yang lembut untuk tubuh.


5. Cuci tangan sebelum memegang bayi
Bayi perlu aman selalu dan dijauhkan dari kotoran, polusi dan kuman yang mungkin dapat memasuki tubuh mereka jadi pastikan untuk membersihkan tangan sebelum membawa bayi Anda.


6. Jangan pernah mengguncang bayi Anda
Ketika menina bobokkan si kecil sebaiknya jangan mengayun ayunkan sebab dapat menyebabkan perdarahan atau kerusakan otak dan tidak boleh dilakukan. Nyanyikan lagu pengantar tidur untuk bayi Anda atau biarkan mereka mendengarkan musik ketika akan tidur.


7. Imunisasi penting.
Selalu membawa bayi Anda ke dokter anak untuk imunisasi. Jangan lewatkan jadwal imunisasi karena vaksin sangat penting untuk melindungi bayi Anda dari penyakit tertentu dan menjaga mereka agar tetap aman dan sehat.


8. Jangan pernah meninggalkan bayi Anda sendiri.
Sebaiknya Anda jangan meninggalkan bayi sendirian, kecelakaan sering terjadi ketika bayi dibiarkan sendiri atau ketika Anda sedang sibuk melakukan hal-hal lain yang berpikir bahwa bayi Anda hanya tidur, Pastikan untuk mengawasi si kecil agar tidak terjadi hal - hal yang tidak diinginkan.

Artikel Terkait

Cara Merawat Bayi Baru Lahir
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email