Kamis, 03 Desember 2015

Manfaat Pendidikan Montessori



Memilih metode atau sistem pendidikan untuk anak Anda merupakan sesuatu yang hanya Anda yang bisa melakukannya dan pendidikan Montessori adalah salah satu pilihan terbaik yang bisa Anda coba. Sistem pendidikan ini dikembangkan oleh Maria Montessori seorang pendidik dan dokter Italia dan sistem pendidikan ini lebih menekankan pada kebebasan, kemandirian dan rasa hormat untuk pengembangan sosial, fisik dan psikologis anak. Sistem pendidikan ini menjadi sangat populer di seluruh dunia karena memiliki lebih banyak manfaat dibandingkan sistem pendidikan lainnya.
Pendidikan ini berfokus pada tahap perkembangan anak-anak dalam kelompok usia 3 tahun dan 5 tahun untuk mengasah kemampuan bahasa, keterampilan motorik dan penyelesaian kegiatan sehari-hari seperti seni dan kerajinan, memasak dan berpakaian. Oleh karena itu pendidikan Montessori merupakan salah satu sistem terbaik yang dapat Anda pilih untuk anak prasekolah Anda untuk menanamkan tingkat kemandirian dan kepercayaan mereka.
Sistem pendidikan Montessori juga mendorong anak-anak bermain kooperatif sehingga mereka mendapatkan kesempatan untuk menjelajahi cara belajar yang berbeda dalam kelas. Sistem belajar seperti ini menempatkan mereka dalam posisi terbaik untuk bekerja sama, saling menghormati satu sama lain dan membangun rasa komunitas yang sangat penting bahkan di kemudian hari.
Anak-anak prasekolah yang mendapatkan sistem pendidikan ini memiliki keuntungan karena menikmati sistem pembelajaran yang berpusat pada kemampuan anak. Ini berarti bahwa mereka akan didik sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan khusus mereka sehingga mereka bisa belajar dan mengeksplorasi kemampuan terbaik mereka. Setiap anak diberi kesempatan yang sama untuk mengembangkan kemampuan mereka sendiri.
Sistem pendidikan ini membantu anak-anak belajar disiplin diri dengan cara yang paling alami. Mereka bekerja bersama satu sama lain dan mengikuti aturan untuk memperbaiki keterampilan yang berbeda, termasuk pengendalian diri, motivasi dan konsentrasi. Ini juga merupakan sistem pendidikan yang mengajarkan agar anak-anak bertanggung jawab.
Pendidikan Montessori juga mengilhami kreativitas pada anak-anak karena mereka bekerja dengan ide-ide mereka sendiri di mana kreativitas sangat dianjurkan. Mereka cenderung lebih fokus pada proses daripada hasil akhir dari kegiatan yang mereka lakukan dan ini memperluas pemikiran tentang bagaimana untuk membuat konsep dengan cara terbaik.
Mengajarkan keterampilan tangan pada anak-anak agar pelajaran mereka lebih menyenangkan dan mudah dimengerti. Ada begitu banyak kegiatan yang ada dalam pembelajaran hidup, budaya, matematika dan bahasa yang dipelajari oleh anak-anak secara praktis. Mereka bisa menguasai keterampilan hidup yang paling penting juga, selain memiliki pemahaman berhitung seperti pengurangan yang dan penambahan.

Artikel Terkait

Manfaat Pendidikan Montessori
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email