Rabu, 08 Mei 2013

Cara Mengobati Anak Demam

Ketika balita mengalami panas tinggi, mungkin Anda sebagai orang tua panik dibuatnya. untuk mengatasi hal seperti ini sebaiknya Anda rileks dan tidak perlu panik, jika Anda panik malah memperparah kondisi sang anak. Demam yang tinggi terjadi ketika temperatur tubuh meningkat, hal ini dapat disebabkan karena kondisi yang terlalu panas, karena infeksi, imunisasi, dan lain-lain.
Untuk mengukur suhu badan panas pada anak, Anda bisa menggunakan termometer. ini adalah alat yang dapat mengukur suhu badan ketika mengalami demam, cara menggunakannya adalah dengan menempelkan termometer ke ketiak si kecil.

Penanganan selanjutnya adalah dengan cara sebagai berikut :

1. Ketika anak mengalami demam, sebaiknya jangan dimandikan. ada cara lain untuk memandikan anak dengan menggunakan lap mandi dan air hangat, caranya lap mandi dicelupkan ke air hangat lalu peras sedikit dan lap anak Anda dengan menggunakan lap mandi tersebut.

2. Gunakan pakaian yang tipis untuk anak Anda agar panasnya cepat keluar melalui kulitnya.

3. Kompres dengan menggunakan air hangat pada daerah dahi, ketiak, leher dan dada.

4. Jika anak menggigil atau kedinginan tutupi dengan menggunakan selimut yang tipis.

5. Ketika anak demam membutuhkan cairan yang ekstra, Anda bisa membuatkan jus buah, air putih atau susu untuk Anak Anda.

6. Istirahat yang cukup.

Penting untuk di perhatikan oleh orang tua, ketika balita mengalami demam lebih dari 38°C segera periksakan ke dokter untuk penanganan lebih lanjut lagi.

Artikel Terkait

Cara Mengobati Anak Demam
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email