Minggu, 17 Februari 2013

Memperluas Dunia Anak Melalui Membaca Buku Multikultural



Membaca untuk anak-anak kita adalah cara yang bagus untuk membantu mereka mengembangkan pemahaman tentang dunia mereka. Tapi, apakah kita berpikir tentang apa yang kita baca kepada mereka akan dapat memperluas dunia mereka? Membaca buku-buku tentang budaya dan ras adalah cara yang bagus untuk memperkenalkan anak Anda ke dunia mereka.
Anda tidak tahu bagaimana caranya? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda jadikan panduan:
 Pertama, pilih sebuah buku yang berisi gambar orang yang tidak sama seperti anak Anda. Kenapa? Nah, kita tidak hidup di dunia yang buta warna, dan membaca buku-buku yang menunjukkan ras lain adalah salah satu cara untuk membantu anak-anak kita menghormati dan menghargai orang-orang dari semua warna.
Kedua, mengajukan pertanyaan kepada anak Anda. Misalnya, apakah ada kesamaan antara anak Anda dengan karakter dalam buku? Apakah ada perbedaan? Jika demikian, Anda dapat mendiskusikan perbedaan tersebut. Apakah warna kulit karakter gelap atau lebih terang? Jika demikian, jelaskan kepada anak Anda bahwa ada orang-orang dengan berbagai warna kulit di seluruh dunia. Beritahu anak anda bahwa ia akan menghadapi orang-orang dari semua warna berbeda dan penting untuk menghargai dan menghormati perbedaanserta mensyukuri kesamaan.
Jika Anda membaca sebuah buku yang menggambarkan gaya hidup dan budaya anak-anak dari negara lain atau bahkan benua lain, gunakan kesempatan ini untuk memberikan pemahaman kepada anak Anda tentang budaya baru. Apa hidangan tertentu yang dimakan anak-anak di daerah ini? Cobalah online dan mencari resep makanan yang dimakan anak-anak di daerah tersebut lalu Anda dan anak Anda dapat membuat serta menikamti bersama-sama makanan tersebut . Jelaskan bahwa anak-anak dari negara yang dijelaskan dalam buku memakan makanan seperti ini.
Yang paling penting, menjadi kreatif. Anak-anak menyukai pengalaman baru, dan membaca buku adalah cara yang bagus untuk mengajak anak Anda ke dunia luar.

Artikel Terkait

Memperluas Dunia Anak Melalui Membaca Buku Multikultural
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email