Jumat, 21 Desember 2012

Mengajari Anak Pertahanan Diri



Mengajari anak-anak Anda tentang pertahanan diri harus dimulai pada usia muda. Sudah menjadi tugas Anda untuk melindungi diri sendiri dan keluarga Anda dari serangan dan kekerasan yang ada di dunia. Anak-anak harus diajarkan siapa nama mereka, nama-nama orang tua mereka, alamat mereka, dan nomor telepon mereka, jika keadaan darurat datang. Namun, Anda juga harus memperingatkan mereka untuk tidak berbicara dengan orang asing atau memberikan informasi ini dalam situasi tidak darurat.
Salah satu prinsip yang paling penting dari pertahanan diri adalah mengajarkan kepada anak-anak Anda siapa yang harus dipercaya dan siapa yang harus dicurigai. Mereka harus tahu ciri-ciri orang yang harus dihindari dan siapa yang bisa di percaya pada situasi darurat. Walaupun anak-anak sering diajarkan untuk mentaati orang tua mereka dan orang dewasa lainnya, tapi Anda juga harus mengajarkan kepada mereka bahwa orang dewasa yang membuat mereka merasa takut tidak perlu dipatuhi.
Di sekitar rumah, Anda bisa mengajari anak-anak Anda untuk mengunci pintu serta jendela dan tidak membukakan pintu untuk orang asing. Anda juga bisa menempatkan alarm pribadi di sekitar rumah jika ada masalah. Namun, berhati-hatilah dalam menjelaskan kepada mereka agar anak-anak meresa tidak sedang di takut-takuti. Sangat penting untuk mereka ketahui bahwa keselamatan mereka adalah penting dan mereka juga harus merasa dilindungi dan aman, terutama di rumah mereka sendiri.
Bagi anak-anak Anda yang lebih besar dan telah mengetahui cerita-cerita tentang kekerasan di tempat lain, mungkin Anda perlu untuk membahas masalah ini lebih lanjut secara rinci dengan mereka. Jika anak-anak Anda pergi sendirian ke rumah teman, belanja, atau tempat lain, cobalah membekali mereka dengan ponsel  yang di lengkapi dengan nomor-nomor telepon darurat. Aturan-aturan dasar seperti memberlakukan jam malam juga dapat membantu anak-anak Anda yang lebih tua dan remaja untuk tetap dirumah dan menghindari situasi berbahaya.
Ajarkan anak Anda untuk percaya diri. Latihan seni bela diri dapat membantu, terutama jika mereka dihadapkan dengan pengganggu di sekolah. Namun, Anda juga mungkin ingin mengajarkan kepada mereka untuk tidak mengatasi kekerasan dengan kekerasan juga. Cara lain yaitu berteriak minta tolong jika mereka mengahadapi orang yang akan melakukan kekerasan. Latihan bermain berbagai situasi juga dapat membantu mengajar anak-anak Anda tentang strategi pertahanan diri yang sesuai untuk mereka.
Mulailah berbicara tentang pertahanan diri dan keselamatan pada anak-anak Anda sejak usia mereka masih dini. Selain pertahanan diri, Anda juga harus mengajarkan tentang bencana alam dan keadaan darurat lainnya. Ketika berhadapan dengan anak-anak, penting untuk menyeimbangkan informasi tersebut dengan membantu mereka merasa aman di lingkungan sekitar mereka. Anda tidak perlu menceritakan informasi terlalu banyak tentang kejahatan yang ada di dunia, tetapi mereka perlu menyadari bahwa orang jahat itu ada.

Artikel Terkait

Mengajari Anak Pertahanan Diri
4/ 5
Oleh

Berlangganan

Suka dengan artikel di atas? Silakan berlangganan gratis via email