Ketika anak Anda telah bisa ke toilet sendiri pada siang hari, saatnya Anda mengajari anak Anda untuk tidak ngompol  pada malam hari. Ada perbedaan besar antara latihan ke toilet pada siang dan malam hari. Meskipun mudah bagi anak Anda untuk mengontrol kandung kemihnya di siang hari, tapi pada malam hari, banyak hal-hal yang tidak di kontrol oleh alam sadarnya.
Latihan ke toilet pada malam hari mungkin memerlukan waktu yang lebih lama daripada waktu latihan ke toilet pada siang hari. Seperti biasa, Anda perlu bersabar dan tidak mencaci-maki dirinya karena tidak berhasil melakukan itu langsung pada malam pertama. Hal ini mungkin membuat dia enggan untuk melanjutkan proses latihannya. Untuk mempercepat proses, pastikan bahwa anak Anda telah berhasil ke toilet sendiri pada siang hari.
Berikut adalah beberapa latihan yang bisa digunakan agar anak Anda tidak mengompol lagi :
1. Pergi ke toilet sebelum tidur. Kemungkinan mengompol di malam hari akan menjadi lebih rendah, karena anak Anda telah mengosongkan kandung kemih sebelumnya.
2. Cobalah untuk membatasi asupan air anak Anda (atau cairan apapun) setidaknya satu jam sebelum tidur nya. 
Ini akan mengurangi kemungkinan dia memiliki kandung kemih yang penuh pada malam hari.
3. Biarkan anak Anda tidur dengan lampu tidur. Sehingga ia dapat menemukan jalan dalam gelap. Anak-anak secara alami takut gelap, sehingga mereka tidak mau ke toilet dan lebih memilih menahan kandung kemihnya. Sebuah lampu tidur akan membantu mengurangi ketakutan anak Anda.
4. Membangunkan anak Anda setiap kali Anda harus pergi ke toilet di malam hari. Anak Anda awalnya mungkin menolak terhadap hal itu, tetapi jika ia melihat ini sebagai rutinitas sehari-hari, ia akan dengan mudah terbiasa dengan gagasan pergi ke toilet di tengah malam.Tapi Anda harus mempertimbangkannya dan hati-hati terhadap hal ini. Jika anak Anda tidur jam 8 malam jangan membangunnyanya pada jam 10 malam untuk ke toilet karena itu akan menggangu tidurnya.
5. Gunakan pull-up, celana training atau karpet tahan air. Karena anak Anda belum dapat mengontrol kandung kemihnya, lindungi dia dan kasur Anda dari air seni dengan menggunakan bahan pelindung.
6. Mendorong dan memuji anak Anda. Kata-kata dorongan akan memotivasi dirinya. Jelaskan kepada anak Anda mengapa penting untuk pergi ke toilet di malam hari. Dan jangan lupa untuk memujinya jika dia berhasil untuk tidak mengompol sepanjang malam.
Kunci sukses latihan ke toilet di malam hari adalah kesabaran. Ikuti tips yang dijelaskan di atas dan segera Anda mulai latihannya dan lihat perubahan. Ingatlah bahwa anak-anak belajar dengan kecepatan mereka sendiri jangan samakan mereka dengan Anda yang sekarang.
Tapi jika anak Anda belum bisa mengontrol kandung kemihnya setelah Anda mengikuti semua tips di atas, sebaiknya Anda mengunjungi dokter keluarga Anda. Mungkin ada masalah mendasar yang perlu dilakukan agar pelatihan menjadi efektif.